Minggu, 19 April 2015

Briket Ampas Kopi

Briket Ampas Kopi

Ampas biji kopi berasal dari biji kopi yang sudah diambil sarinya untuk dijadikan kopi instan, merupakan limbah yang perlu penanganan dan tentunya juga biaya yang tidak sedikit. Bila ditimbun di area penimbunan, juga memerlukan lahan yang luas.
Namun, dari limbah yang memerlukan perhatian, penaangan dan biaya tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. Penulis saat ini belum bisa memberikan berapa nilai kalornya, namun peluang untuk menjadi bahan bakar terbuka lebar.
Dengan bentuk fisik yang seperti granular dalam berbagai ukuran, sebetulnya ampas biji kopi bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar di tungku boiler. Namun dengan ukuran yang relatif kecil ini memungkinkan banyak material yang akan tersapu keluar bersama gas buang sebelum terbakar secara sempurna di boiler.
Namun bila dilakukan pembriketan dengan ukuran tertentu, memungkinkan material tetap bertahan di atas grate boiler sehingga tidak tersapu keluar sebelum terbakar sempurna.
Dari kenyataan ini, perlu dilakukan perhitungan ekonomi yang mendetail, karena perusahaan, dalam hal melakukan kegiatan ekonomi, masalah untung rugi adalah permasalahan yang krusial.
Tapi yang perlu diingat adalah perlu biaya untuk menangani ampas kopi itu bila hanya menjadi limbah saja. Namun dengan sedikit tambahan biaya pembriketan, limbah tersebut malahan bisa menjadi bahan bakar alternatif yang menarik untuk dilakukan pengkajian dan diterapkan di industri…. Apalagi jenis bahan bakar yang lain harganya naik dan naik dan naik….
Teknik pembriketan ini bisa juga untuk limbah biomasa yang lain…
Anda tertarik dengan pengkajian ini ?….
Hubungi : Ir. A. Anam. MT.
Hp : 0812 806 860 8
email : ahsonosh@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar